Pengertian Dropship Dalam Jual Beli Online (Online Shop)

Pengertian Dropship Dalam Jual Beli Online

Pengertian Dropship Dalam Jual Beli Online (Online Shop) - Dropship adalah suatu teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stock barang, dan jika penjual mendapatkan order, maka akan meneruskan order dan detail pengiriman ke supplier (penyedia barang) atas nama pembeli.

Sedangkan orang yang melakukan dropship biasa disebut dropshipper. Arti dropshipper secara sederhananya yaitu orang yang menghubungkan antara konsumen dengan produsen. Bagaimana sistem dropship? Untuk sistem dropship mungkin akan lebih jelas jika sudah melihat gambar di bawah ini.

Pengertian Dropship Dalam Jual Beli Online

Dropship merupakan teknik penjualan yang populer mulai dari pertama kali muncul higga saat ini. Dalam drophiper terdpat tiga komponen yang diuntungkan yaitu supplier, dropshipper, dan konsumen.

Supplier adalah penyedia barang atau sama saja dengan produsen. Dropshipper adalah penjual barang (makellar / seller) yang dimiliki oleh supplier. Sedangkan Konsumen yaitu pembeli barang dari supplier namun dengan perantara dropshipper.

Dropship juga biasa disebut dengan "Dropshipping". Barang yang biasa dijual yaitu barang jangka panjang contohnya baju, sepatu, tas.

Lalu apa bedanya dengan reseller?
Bedanya dropship dengan reseller yaitu dalam stock barang. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dropship tidak perlu stock barang sendiri, sedangkan reseller harus membeli barang dan menyetoknya. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di artikel ini Perbedaan Dropship dan Reseller Dalam Bisnis Online

Urutan Langkah Pada Sistem Dropship
  1. Dropshipper mempromosikan barang / produk yang didapat dari supplier dengan harga yang sudah ditambah. Penambahan harga itulah yang menjadi keuntungan dari dropshipper.
  2. Pembeli tertarik dengan produk kemudian order ke dropshipper dan membayar dengan harga yang telah dinaikkan.
  3. Dropshipper meneruskan order beserta detail pengiriman (jenis barang, alamat, dll) atas nama sang pembeli kepada supplier.
  4. Dropshipper membayar ke supplier sesuai harga awal (harga sebelum dinaikkan)
  5. Pihak supplier mengirimkan barang kepada pembeli
Bagaimana cara mencari supplier?
Jika anda tertarik menjalani bisnis online dengan sistem dropship, anda bisa mencari supplier(pemasok) secara langsung (mendatangi toko) ataupun mencari di toko online seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dll.

Keuntungan Sistem Dropship
Keuntungan sistem dropship sangat banyak terutama bagi supplier dan dropshipper. Pihak supplier akan terbantu terutama dibidang pemasaran, jadi produk dari supplier akan tersebar luas walaupun tidak memasarkan sendiri.

Sedangkan keuntungan bagi pihak dropshipper yaitu dapat berjualan tanpa harus stok barang dan tanpa memerlukan modal. Selain itu dropshipper juga bebas menentukan keuntungannya sendiri.

Kerugian Menjadi Dropshipper
Segala sesuatu pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing. Meskipun sistem dropship memiliki banyak keuntungan disisi lain juga memiliki kerugian. 

Dalam sistem dropsip pengiriman barang dilakukan oleh pihak supplier dan dropshipper sendiri tidak ikut campur dengan proses tersebut. Namun massalahnya jika terjadi kendala baik dalam pengiriman ataupun produk maka dropshipperlah yang mendapat komplain dari pembeli.

Oleh karena itu jika anda ingin menjadi dropshipper, pilihlah supplier yang benar - benar terpercaya untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.

Lalu bagaimana cara memulainya?
Mungkin banyak diantara kalian yang sudah pahap sistem dropship namun masih bingung bagaimana cara memulainya. Langkah pertama anda harus mencari supplier, ingat! carilah supplier yang benar - benar terpercaya.

Jika sudah menemukan supplier yang tepat langsung saja minta ijin bahwa anda ingin menjadi dropshipper. Biasanya supplier memiliki prosedur masing - masing, anda akan dimintai biodata dan harus mematuhi prosedur tersebut.

Setelah itu siapkan media promosi bisa menggunakan hp ataupun laptop, dan tentunya dilengkapi dengan koneksi internet. Jika semua sudah siap itu tandanya anda sudah bisa menjadi seorang dropshipper.

Agar hasilnya lebih maksimal belajarlah marketing, SEO, SMO, dan jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen.

KESIMPULAN
Dropshipper merupakan teknik pemasaran tanpa memerlukan modal, keuntungan yang didapatkan juga dapat diatur sesuka hati. Jika harga yang anda naikkan semakin tinggi, maka semakin besar pula keuntungan yang didapat, namun akan semakin sulit.

Itulah pengertian dropship serta penjelasan tentang sistem dari dropsip. Jika masih ada yang dibingungkan anda bisa berkomenter di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dropship Dalam Jual Beli Online (Online Shop)"

Post a Comment

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel