Pengertian Rekber dan Pulber Serta Cara Kerjanya

Pengertian Rekber dan Pulber Serta Cara Kerjanya
Pengertian Rekber dan Pulber Serta Cara Kerjanya - Kata rekber maupun pulber pasti sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Apa lagi yang  aktif dalam jual beli online seperti di forum jual beli facebook. Namun masih ada diantara kalian yang masih belum tahu apa itu rekber dan pulber.

Apa itu rekber dan pulber ?

Sebelum masuk ke pembahasan  mengenai rekber dan pulber, saya akan menjelaskan fungsi dari keduanya. Tujuan dari rekber maupun pulber yaitu untuk menjaga transaksi online antara penjual(seller) dan pembeli(buyer) agar tetap aman, jadi dapat meminimalisir penipuan.

Barang yang dijual tidak hanya barang nyata biasanya juga berupa akun game coc, mobile legends, crisis action, dll.

Meskipun dapat meminimalkan resiko dalam jual beli online, namun masih banyak juga yang menganggap menggunakan jasa rekber maupun pulber itu ribet dan lebih memilih tanpa menggunakanjasa rekber, alhasil kena tipu juga deh.

Pengertian Rekber Dan Pulber

Rekber adalah singkatan dari Rekening Bersama, rekening bersama disini bukan berarti rekening milik banyak orang. Rekber disini hanyalah istilah, begitupun dengan pulber.

Pulber adalah singkatan dari Pulsa Bersama, sama halnya dengan rekber, pulsa bersama disini hanyalah istilah.

Jadi perbedaan antara rekber dan pulber yaitu pada alat pembayarannya, jika rekber menggunakan uang asli sedangkan pulber menggunakan pulsa.

Cara Kerja Rekber Dan Pulber

Cara Kerja Rekber Dan Pulber


Disini saya asumsikan sudah ada penjual dan pembeli yang ingin melakukan transaksi. Kemudian salah satu dari mereka entah penjual atau pembeli meminta menggunakan jasa rekber / pulber. Tata cara pelakssanaanya yaitu.

Pembeli harus mengirimkan sejumlah uang kepada admin rekber ataupun pulsa kepada admin pulber. Setelah itu penjual harus mengirimkan barang yang dijualnya kepada sang pembeli, jika pembeli sudah menerima maka harus konfimasi kepada admin rekber / pulber.

Jika sudah maka admin rekber / pulber mengirimkan uang / pulsa yang milik pembeli kepada penjual. Di dalam jasa rekber maupul pulber dikenal istilah fee, fee merupakan ongkos untuk admin rekber / pulber.

Jika yang membayar fee pihak pembeli maka uang / pulsa yang dikirim ke admin rekber / pulber harus ditambah dengan biasa fee. Misalnya harga barang Rp. 120.000 sedangkan harga fee Rp. 10.000. Maka pembeli harus mengirimkan uang sejumlah 130.000 kepada admin rekber.

Sedangkan jika yang membayar fee pihak penjual maka saat admin rekber / pulber mengirimkan uang kepada penjuan dikurangi harga fee terlebih dahulu.

Contohnya begini, Misalkan harga sebuah barang Rp. 120.000 sedangkan harga fee Rp. 10.000. Maka pembeli harus membayar kepada admin rekber / pulber sejumlah Rp. 120.000. Kemudian admin rekber / pulber membayar ke penjual Rp. 110.000

Kesimpulan
Pada dasarnya rekber dan pulber sama saja, sama sama  untuk membantu transaksi online antara penjual dan pembeli. Yang membedakan hanyalah alat pembayarannya, jika rekber menggunakan uang asli, jika pulber menggunakan pulsa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Rekber dan Pulber Serta Cara Kerjanya"

Post a Comment

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel