Pengertian Dan Manfaat Bisnis Afiliasi Serta Jenisnya

Pengertian Dan Manfaat Bisnis Afiliasi Serta Jenisnya
Affiliate Program
Pengertian Dan Manfaat Bisnis Afiliasi Serta Jenisnya - Bisnis afiliasi atau affiliate adalah sebuah program untuk mendapatkan uang dengan cara membantu mempromosikan barang atau jasa milik orang lain. Jika barang atau jasa berhasil terjual dipasaran maka kita akan mendapatkan keuntungan berupa komisi.

Bisnis afiliasi atau program afiliasi ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang di internet tanpa keluar rumah, dan saya merekomendasikan cara ini karena banyak keuntungan jika anda menjadi affiliate marketing.

Contoh affiliate marketing atau bisnis afiliasi yang pupuler yaitu amazon.com, clickbank.com ataupun program afiliasi lokal indonesia yaitu Lazada Affiliate Program, dan masih banyak lagi di internet.

Keuntungan Menjalani Bisnis Afiliasi

  1. Dapat dilakukan tanpa keluar rumah.
  2. Tidak perlu memiliki produk atau jasa, karena tugas kita hanya memasarkan produk atau jasa milik orang lain.
  3. Tidak memerlukan modal untuk memulai affiliate program, anda hanya memerlukan koneksi internet.
  4. Pilihan produk yang beranekaragam, jadi anda tidak perlu pusing memilih produk.
  5. Dapat dilakukan seorang diri.
  6. Jika barang atau jasa tidak laku, maka anda tidak akan rugi.
  7. Keuntungan atau komisi yang didapatkan cukup besar.
  8. Dll.

Bisnis afiliasi ada banyak jenisnya, anda dapat memilih sesuai kemampuan yang anda miliki. Untuk lebih jelasnya berikut saya jelaskan secara singkat mengenai jenis-jenis program afiliasi.

Jenis-Jenis Bisnis Afiliasi Beserta Cara Kerjanya

1. PPC (Pay Per Click)

Program affiliate jenis ini kalian akan mendapatkan komisi berdasarkan klik yang diperoleh. Jadi anda akan diberi sebuah link biasanyya berupa baner, jika ada orang yang mengeklik baner tersebut maka anda akan mendapatkan bayaran.

Salah satu contoh program PPC yang paling populer di dunia yaitu Google Adsense, dan saya sendiri menjadi salah satu penggunanya. 

Namun untuk mendaftar google adsense tidaklah mudah, ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Pengalaman saya menjalani program ini sudah lebih dari 3x di baned oleh google adsense. Karena saya menyukai program afiliasi jenis ini, kegagalan tak menjadi masalah bagi saya.

2. PPV (Pay Per View) atau PPM (Pay Per Impression)

Komisi yang didapatkan dari program afiliasi jenis ini yaitu berdasarkan view atau tampilan iklan pada blog atau website. Biasanya pembayaran akan diberikan per 1000 atau 10000 tayangan iklan.

Nah untuk kalian yang ingin mengikuti program afiliasi jenis ini, maka harus memiliki blog ataupun website. Dan tentunya blog atau website sudah memiliki pengunjung tetap yang banyak, agar hasilnya maksimal.

3. PPS (Pay Per Sale)

Pada program affiliate jenis ini, anda akan mendapat komisi dalam bentuk persen (%) dan dengan nominal yang cukup tinggi yaitu antara 30% sampai 70%. Komisi tersebut diberikan apabila anda berhasil menjual barang ataupun jasa kepada pembeli, semakin banyak barang yang terjual maka komisi yang didapat akan semakin banyak pula.

Jadi hampir sama dengan Dropship Dalam Jual Beli Online.

4. PPL (Pay Per Lead)

Program affiliate jenis ini kita akan mendapatkan komisi berdasarkan berapa banyak orang yang berhasil kita ajak (rekrut) untuk mendaftar sebagai free member dengan link afiliasi yang kita miliki. Biasanya PPL ini berupa form, dan ketika orang lain sudah mengisi dan klik tombol submit maka kita sudah  mendapatkan 1 lead.

Program ini juga terdapat member premium atau member berbayar, yang pastinya akan memiliki keuntungan yang lebih besar dibanding free member atau member area.

5. PPD (Pay Per Download)


Jenis afiliasi ini kita akan mendapatkan komisi apabila orang lain berhail mendownload entah file gambar, game ataupun dalam bentuk lainya dengan link afiliasi milik kita.

Jadi tugas kita hanya menyebar link, dan setiap orang yang mendownl0ad dari llink kita maka kita akan mendapatkan bayaran, namun ingat jangan sampai spam.

Dari beberapa jenis program afiliasi diatas, saya sendiri sudah pernah mengikuti program PPC (Pay Per Click) dan PPV (Pay Per View). Kedua program tersebut merupakan yang paling sering digunakan oleh para blogger seperti saya sendiri.

Bisnis afiliasi dalam dunia nyata dapat diibaratkan seperti halnya seorang 'calo',

Contoh kasus :
Anda ingi menjual motor dan memutuskan untuk meminta teman untuk mencarikan seorang pembeli, nah ketika teman anda berhasil menemukan pembeli dan proses trasaksipun berjalan lancar maka teman anda berhak mendapatkan komisi dari hasil penjualan sesuai kesepakatan awal.

Apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin mengikuti program afiliasi?
Karena kita bekerja dalam bidang pemasaran produk ataupun jasa, kemampuan yang harus kita miliki yaitu keahlian dalam memasarkan, menjelaskan produk secara detail, dan menwarkan dengan cara yang unik agar banyak yang tertarik.

Kesimpulan

Jadi bagi anda yang ingin memulai internet marketing, program afiliasi merupakan pilihan yang tepat karena tidak akan dibikin pusing oleh permasalahan modal.

Sedangkan kunci utama agar sukses dalam affiliate marketing yaitu ketekunan dan konsistensi dalam memasarkan produk, selain itu pelayanan atau penyampaian yang ramah terhadap calon pembeli. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pengertian Dan Manfaat Bisnis Afiliasi Serta Jenisnya"

  1. Cara/tahapan apa saja untuk bisa melakukan bisnis afiliasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahapan tergantung jenis afiliasi yang anda pilih.
      Contohnya saya ingin bekerja sama dengan google adsense, maka dari itu saya harus membuat blog dengan pengunjung yang banyak.

      Delete

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel