Pengertian Serta Perbedaan Bandwidth Dan Throughput Lengkap

Pengertian Serta Perbedaan Bandwidth Dan Throughput Lengkap


Pengertian Serta Perbedaan Bandwidth Dan Throughput Lengkap
- Bandwidth dan Throughput merupakan istilah yang identik dengan transmisi data. Bandwidth dan Throughput merupakan materi Anak SMK Jurusan TKJ. Namun saya yakin masih ada diantara kalian yang belum paham perbedaan bandwidth dengan throughput.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dari bandwidth dan throughput, berikut penjelasannya simak baik-baik.

Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah besar maksimal jalan yang dapat dilalui oleh data. Lebar maksimal jalur (bandwidth) dipengaruhi oleh media transmisi yang digunakan. Media transmisi bisa menggunakan kabel atau tanpa kabel. Satuan kecepatannya dinamakan bps (bit per second).

Contohnya seperti ini, anda ingin mengirimkan data dari komputer satu ke komputer yang lain menggunakan kabel dengan bandwidth 5mbps, berarti lebar maksimal data yang dapat mengalir melalui kabel itu maksimal 5 megabit per second dan tidak bisa lebih dari itu.

Dalam dunia nyata bandwidth dapat diibaratkan seperti halnya jalan raya, jika jalan sempit maka hanya dapat dilalui satu motor saja, sedangkan jika jalannya lebar maka dapat dilalui oleh beberapa motor bahkan mobil sekalipun.

Semakin besar bandwidth maka akan semakin bagus karena data yag dikirim akan semakin cepat. Bandwidth sendiri dibagi menjadi dua yaitu:

1. Bandwidth Digital

Pada bandwidth digital jumlah data yang dikirim melalui media pengirim dalam satuan bit per second tanpa distorsi.

2. Bandwidth Analog

Sedangkan analog bandwidth perbedaan antara frekuensi tertinggi dan terendah dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz. Perbedaan itulah yang digunakan untuk mengetahui banyaknya data atau informasi yang dapat ditransmisikan pada suatu waktu.

Fungsi utama bandwidth yaitu digunakan sebagai jalur pengiriman data dari sutau perangkat ke perangkat lain. Namun dapat juga digunakna sebagai pembatas kecepatan maupun jumlah data. Jika digunakan sebagai pembatas kecepatan, berarti kecepatan maksimal data dibatasi misalnya hanya 100kbps, dengan demikian anda tidak bisa mengirim data lebih cepat dari 100kps, namun jumlah data yang ditransfer tidak dibatasi atau unlimited.

Sedangkan jika digunakan sebagai pembatas jumlah data yang dikirim, itu menandakan anda tidak bisa mengirim data jika melebihi batasan. Misalnya batas jumlah data 10gb. berarti anda tidak bisa menggirim data lebih dari 10gb, namun anda dapat mengirim data dengan kecepatan maksimal atau tidak dibatasi.

Selain itu anda juga dapat menggunakan keduanya untuk memenejemen jaringan agar lebih stabil.

Pengertian Throughput

Throughput adalah bandwidth aktual atau yang sebenarnya. Jika bandwidth adalah batas maksimal, sedangkan throughput adalah data sebenarnya yang mengalir pada media transmisi.

Misalnya anda menggunakan internet dengan bandwidth 5mbps dan ketika mendownload suatu file dari internet kecepatan menunjukan 4.2 mbps, kecepatan inilah yag disebut throughput, jadi dapat disimpulkan throughput akan selalu lebih kecil dari bandwidth.

Contoh lainya yaitu, misalkan anda sedang terkoneksi ke internet dengan bandwidth 4mbps, ketika anda mendownload file 12mb ternyata selesai dalam waku 6 detik, maka throughputnya yaitu 12/6 = 2mbps.

Kesimpulan

Bandwidth adalah kecepatan maksimum dalam transfer data, sedangkan throughput adalah kecepatan sebenarnya yang terjadi pada saat transfer data.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pengertian Serta Perbedaan Bandwidth Dan Throughput Lengkap"

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel