Pengertian Dan Fungsi Mikrotik Router Serta Sejarahnya

Pengertian Dan Fungsi Mikrotik Router Serta Sejarahnya

Pengertian Dan Fungsi Mikrotik Router Serta Sejarahnya - Mikrotik merupakan perusahaan dibidang jaringan komputer yang berkantor pusat di Latvia. Perusahaan ini dibentuk oleh dua orang yaitu John Trully dan Arnis Riekstins.

Awal mulanya John dan Arnis memulai dengan sistem MS DOS dan Linux yang di kombinasikan dengan teknologi wireless dengan kecepatan 2Mbps. Kemudian mereka mendapatkan 5 pelanggan pertamanya di Latvia, karena kegigihan mereka mikrotik akhirnya berkembang sangat pesat.

Hingga saat ini mikrotik telah memiliki pengguna yang sangat banyak, hal tersebut disebabkan karena performa dan harganya yang murah. Untuk yang suport wireless dan hostspot sudah dapat dibeli dengan harga 300 ribuan.

Fungsi Router Mikrotik

Router Mikrotik dapat digunakan pada jaringan pada skala besar maupun kecil, karena ada banyak sekali tipe-tipe mikrotik dan performa mulai dari low performance hingga height performance.

Jika digunakan untuk rumah, lab ataupun warnet anda bisa mengunakan yang biasa, namun jika sudah skala besar seperti halnya gateway antar provinsi ataupun ISP maka harus memilih yang spesifikasinya tinggi.

Produk Mikrotik

Produk mikrotik sendiri ada banyak, mulai dari routerboard, router os, antena ataupun peralatan jaringan lainya. Namun yang paling terkenal yaitu routerboard dan router os-nya.

1. RouterBoard (RB)

Routerboard merupakan produk mikrotik yang berbentuk fisik atau hardware, didalamnya menggunakan mikrotik RouterOS sebagai sistem operasinya.

RouterBoard seperti halnya komputer pada umumnya namun ukuran maupun komponen seperti RAM, Processor, Memory lebih kecil dari komputer, hal ini karena fungsinya yang lebih spesifik yaitu untuk routing.

2. RouterOS

RouterOS sendiri merupakan sistem operasi berbasis Unix yang memiliki kemampuan untuk membuat sebuah PC atau Laptop memiliki fungsi seperti layaknya Router, Firewall, Bridge, HotSpot, Proxy, Bandwidth Management dan fungsi server lainya.

Anda bisa menggunakna RouterOS ini untuk memenejemen jaringan dengan menginstallnya pada sebuah PC yang akan dijadikan sebuah router ataupun dengan membeli RouterBoad yang sudah satu paket dengan RouterOS.

Mikrotik RouterOS memiliki banyak sekali fungsi networking seperti Routing, Hotspot, Tunnel, Proxy, DHCP, SNMP, Firewall, NAT, Point To Point, IPsec, Caching DNS Client, Monitoring, Vlan, Bandwidth Management, fungsi lainya.

Selain itu konfigurasinya pun gampang karena bisa menggunakan Winbox.
Apa itu winbox?
Winbox merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk konfigurasi mikrotik, namanya juga aplikasi jadi sudah pasti berbasis GUI. Hal ini akan sangat membantuk bagi pemula yang belum bahan dengan sintak-sintak mikrotik, karena dengan winbox konfigurasi hanya tinggal klik.

Kesimpulan

Mikrotik merupakan produk yang digunakan untuk jaringan baik skala besar maupun kecil. Tipe mikrotik juga banyak jadi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika untuk skala besar maka memerlukan yang memiliki performa tinggi.

Konfigurasinya mudah karena ada versi GUI nya jadi tinggal klik-klik aja deh. Jika kurang jelas maka anda dapat mengunjungi website resminya yaitu mikrotik.com atau mikrotik.co.id (indonesia)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Mikrotik Router Serta Sejarahnya"

Post a Comment

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel