Pengertian Bisnis StartUp Dan Contoh Startup Indonesia Yang Sukses

Pengertian Bisnis StartUp Dan Contoh Startup Indonesia Yang Sukses - Akhir-akhir ini di Indonesia mulai ramai dengan Bisnis StartUp. Sering sekali saya mendengar istilah Startup, namun apakah kalian sudah tau arti dari Bisnis StartUp yang sebenarnya.

StartUp dapat diartikan sebagai perusahaan yang baru dibagun atau dalam masa rintisan. Namun bukan berarti semua perusahaan rintisan dapat dikatakan sebagai startup.

Bisnis StartUp biasanya berkaitan dengan usaha yang menggunakan teknologi dan informasi yang ada di internet misalnya: layanan online, toko online, media online, dll.
Pengertian Bisnis StartUp Dan Contoh Startup Indonesia Yang Sukses
Orang yang bekerja di StartUp yaitu orang-orang yang memiliki ide kreatif maupun inovatif. Karena StartUp ini fokus untuk menyelesaikan masalah orang banyak dengan cara yang baru dan simple.

Para pendiri StartUp dalam membangun usahanya bermodalkan uang dari masing-masing pendiri, namun tak jarang yang mendapatkan suntikan modal dari investor yang tertarik dengan StartUp tersebut.


Startup merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahan yang baru didirikan dan dalam fase pengembangan.

Bisnis StartUp Di Indonesia

1. Go-Jek

Go-Jek adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi ojek secara online. Gojek diciptakan oleh Nadiem Makarim dan berdiri sejak tahun 2010 sebagai perushaan inovatif untuk mendorong perubahan di sektor transportasi agar dapat beroperasi secara profesional.

Go-Jek menerapkan sistem bagi hasil dengan pengemudi yang tersebar di indonesia, prosentase pembagiannya yaitu  80% untuk pengemudi dan 20% untuk Go-Jek.

Hingga tahun 2016 Go-Jek berhasil diunduh lebih dari 10 juta kali di google play store untuk perangkat android.

Gojek dikabarkan akan meluaskan sayapnya ke negara-negara yang ada di Asia Tenggara, bahkan di Vietnam dan Thailand sudah terdapat Go-Jek.

2. BukaLapak

Logo Bukalapak

BukaLapak merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang dimiliki oleh PT Bukalapak. BukaLapak sendiri didirikan pada 10 Januari 2010 oleh Ahmad Zaky dan kedua temannya di sebuah kos-kosan. Saat ini Bukalapak tercatat sebagai startup unicorn.

BukaLapak seperti marketplace yang lainnya yaitu menggunakn model bisnis C2C (customer ke customer).

Dengan bukalapak anda dapat menjual ataupun membeli barang dengan mudah secara online.

3. Tokopedia

Tokopedia didirikan oleh Wiliam Tanuwijaya dan Leotinus Alpha Edison pada tanggal 06 Februari 2009 dan mulai dipublikasikan pada tanggal 17 Agustus 2018.

Bersama BukaLapak, Tokopedia berhasl menjadi toko online terbesar di indonesia.

Dengan adanya tokopedia maka orang dapat menual barang ke internet secara gratis.

Tokopedia merupakan startup tekhnologi pertama di Asia Tenggara yang berhasil memperoleh investasi us$ 100 juta dari Sequoia Capital dan Softbank.

4. Tiket.com

Berbeda dengan dua startup diatas, tiket.com merupakan StartUp Indonesia yang menyediakan layanan pemesanan tiket seperti: kereta api, hotel, tiket konser, dll.

Perusahaan ini pertama kali didirikan oleh Wemas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto dan Mikhael Gaery Undarsa.

Awalnya tiket.com ini berfungsi untuk tiket pesawat dan kereta api, namun seiring perkembangan jaman dan tiket.com ini sudah memiliki banyak fitur.

5. Traveloka

Dilihat dari namanya anda pasti sudah tahu StartUp ini bekerja di bidang pemesanan tiket. Jadi hampir sama dengan tiket.com.

Basis operasional traveloka ada di jakarta.
Logo Traveloka

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang. Ide StartUp ini muncul ketika Ferry sering mengalami kesulitan dalam pemesanan tiket pesawat.

Sekian penjelasan dari saya mengenai StartUp, Jika ada yang ingin ditanyakan silakan ditanyakan saja di kolom komentar.

Jangan lewatkan postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke Email anda, GRATIS !! Cek email untuk konfirmasi :)

2 Responses to "Pengertian Bisnis StartUp Dan Contoh Startup Indonesia Yang Sukses"

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel