Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi (Wireless Security)

Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi (Wireless Security) - WiFi (Wireless Fidelity) merupakan istilah yang sering kita dengar. Bagaimana tidak, dengan wifi kita dapat mengakses internet, bahkan banyak diantara kalian yang rela ketempat-tempat tertentu hanya untuk menikmati wifi gratis, termasuk saya heheh.

WiFi menggunakan gelombang radio dalam mentransmisikan data sehingga dapat menghemat biaya. Dengan menggunakan jaringan wireless maka end device seperti smartphone dapat digunakan dimana saja, maksudnya dapat berpindah-pindah tidak terpaku di satu tempat.
Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi (Wireless Security)

Karena mudah diakses oleh siapa saja hal ini berdampak pada sisi keamanan. WiFi relatif lebih rentan dari jaringan kabel. Maka dari itu terciptalah beberapa jenis enkripsi untuk mengatasinya, meskipun tidak benar-benar mutlak akan aman setelah menggunakannya, namun setidaknya akan mengurangi resiko.

Dari beberapa jenis enkripsi pada jaringan wifi yang akan saya jelaskan, anda dapat menggunakan jenis enkripsi sesuai kebutuhan, karena masing masing jenis enkripsi wifi memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi

1. WEP

WEP atau Wired Equivalent Privacy merupakan jenis enkripsi jaringan wifi tertua. WEP memiliki banyak kekurangan sehingga banyak yang beranggapan bahwa WEP merupakan jenis enkripsi yang paling rentan.

Alasan kenapa menggunakan WEP yaitu karena sudah memenuhi standar dari 802.11:
  • Reasonably Strong
  • Exportable
  • Self-Synchronizing
  • Computationally Efficient
Kelebihan WEP
Pengguna akan dimudahkan karena semuanya serba otomatis, pengguna hanya perlu memasukan username dan password setiap kali ingin browsing. Selain itu hampir semua  komponen wirelss mendukung WEP.

Kekuranagn WEP
Sedangkan kurangan WEP yaitu menggunakan algoritma yang sangat mudah dipecahkan, hal ini disebabkan WEP menggunakan key yang sifatnya statis.

Saat ini banyak sekali tools atau alat yang dapat digunakan untuk membobol password dari WEP. Jadi jenis enkripsi ini hanya mampu mencegah serangan dari orang yang benar-benar awam tentang jaringan WiFi.

Bagi Anda memiliki perangkat yang hanya support WEP sebaiknya ganti saja dengan jenis enkripsi yang baru, karena perangkat-perangkat sekarang hampir semuanya sudah meninggalkan teknologi ini.

2. WPA & WPA2

WPA atau Wi-Fi Protected Access merupakan jenis enkripsi jaringan wireless yang lebih aman dari WEP. Awalnya diciptakan untuk mengatasi kerentanan yang ada pada WEP.
WPA WPA2 Wi-Fi Protected Access

Sedangkan WPA2 yaitu pembaruan dari WPA, WPA2 tentunya lebih aman karena lebih baru. Algoritma yang digunakan lebih canggih sehingga sulit dibobol. Hampir semua perangkat jenis baru sudah mendukung teknologi ini.

WPA2 dibagi menjadi dua jenis yaitu WPA2 Personal dan WPA2 Enterprise

WPA2 Personal
WPA2 Personal atau sering disebut WPA2-PSK (Pre-Shared Key) digunakan untuk jaringan dengan skala kecil seperti halnya di perumahan. Cara seting WPA2-PSK lebih mudah dibandingkan WPA2 Enterprise.

Kelemahan WPA2-PSK biasanya disebabkan oleh administratornya sendiri dalam membuat password. Biasanya mereka menggunakna password yang mudah ditebak seperti angka 1-5.

Terlepas dari kelalaian administrator jenis enkripsi ini sudah cukup aman meskipun belum sempurna. Terdapat beberapa celah yang ditemukan pada enkripsi jenis ini, namun untuk mengexploitasinya bukanlah hal yang mudah.

Oleh karena itu gunakanlah kombinasi password yang sulit untuk ditebak

WPA2 Enterprise
WPA2 Enterprise digunakan pada jaringan dengan skala luas seperti halnya di perusahaan besar. Konfigurasi relatif lebih sulit dibandingkan dengan WPA2-PSK. 

Untuk menggunakan WPA2 Enterprise, Anda harus mempunyai sebuah RADIUS (Remote Authentication Dial In User Service) server. Untuk melakukan autentikasi dengan server, berbagai EAP (Extensible Authentication Protocols) dapat digunakan.

Untuk dapat terhubung ke jaringan, setiap client harus menggunakan username dan password sendiri-sendiri.

Administrator akan dimudahkan pada saat ingin memantau lalu lintas jaringan, selain itu admin dapat memutus sambungan dari pengguna yang tidak dikehendaki tanpa menggangu sambungan pengguna lain.

Perusahaan besar sangat disarankan untuk menggunakan enkripsi wifi jenis ini agar lebih aman. Namun tidak menutup kemungkinan enkripsi wifi jenis ini digunakan pada jaringan dengan skala kecil.

Jangan lewatkan postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke Email anda, GRATIS !! Cek email untuk konfirmasi :)

2 Responses to "Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi (Wireless Security)"

  1. Kalau meminimalisir serangan hacked wifi gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu salah satunya dipasang enkripsi, alternatif lain bisa pake mac address filter

      Delete

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel