Cara Membuat Hotspot Dengan CMD Windows (WiFi)

Cara Membuat Hotspot Dengan CMD Windows (WiFi) - Jaringan WiFi merupakan sebuah jaringan yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Banyak orang yang menyamakan antara WiFi dengan Hotspot meskipun sebenarnya berbeda.

Dengan menggunakan WiFi Hotspot kita tidak perlu menggunakan kabel lagi sehigga lebih hemat. Kelebihan lain dari WiFi Hotspot yaitu kita dapat berpidah-pindah tempat asalkan masih dalam jangkauan.

Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat hotspot dengan CMD Windows. Sebelumnya kita harus cek terlebih dahulu apakah laptopnya support atau tidak untuk dijadikan hotspot.

Langkah pertama buka command prompt terlebih dahulu sebagai administrator. Silakan search cmd kemudian klik kanan dan pilih run as administrator.
Jalankan Sebagai Administrator
Jika sudah kemudian ketikan perintah berikut.
netsh wlan show driver
Hosted Network Supported : Yes, itu tandanya laptop Anda support untuk dijadikan hotspot. Kurang lebih gambar seperti dibawah ini.
Cek Laptop Support Dibuat Hotspot
Jika laptop Anda belum support maka tidak bisa digunakan untuk membuat hotspot. Jadi pastikan terlebih dahulu hosted network supported yes.

Lanjut langkah selanjurnya yaitu ketikan perintah berikut
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Hotspot key=12345678
Penjelasan:
ssid, yaitu nama wifi yang nantinya muncul pada perangkat klien
key, yaitu password dari hotspot

Setelah mengetikan langkah diatas konfigurasi hotspot sudah selesai, namun belum muncul di perangkat klien. Hal ini dikarenakan hotspot belum diaktifkan, cara mengaktifkan hotspot yaitu dengan cara mengetikan perintah berikut.
netsh wlan start hostednetwork
Konfigurasi hotspot sudah selesai, silakan cek saja di perangkat client, maka akan ada hotspot dengan nama Hotspot dan passwordnya 12345678.
Start HostedNetwork
Kita juga bisa melihatnya di control panel => network and internet => network and sharing center => change adapter settings. Maka akan muncul satu adapter baru yaitu adapter dari hostnya yang sudah kita buat.
Control Panel Adapter Hotspot
Bagaimana Cara Stop?

Untuk cara menonaktifkan hotspot hampir sama dengan mengaktifkan, hanya saja perintah start diganti dengan stop. Untuk lebih jelasnya seperti ini.
netsh wlan stop hostednetwork
Maka hotspot yang sudah dibuat akan nonaktif secara otomatis. Kemudian untuk mendapatkan akses internet yang harus kita lakukan yaitu dengan membagikan internet pada adapter hotspot.

Pilih adapter yang digunakan untuk mendapatkan internet. Disini saya menggunakan adapter wifi, klik kanan pada adapter wifi kemudian pilih properties.

Pilih tab sharing, kemudian centang sharing dan pilih adapter hotspot. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.
Share Koneksi Internet Ke Hotspot
Setelah itu klik oke, maka teman kita yang terhubung dengan hotspot akan mendapatkan koneksi internet. Sekian tutorial dari saya tentang cara membuat hotspot di windows, jika masih ada yang kurang jelas silakan tanyakan saja di komentar.

Jangan lewatkan postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke Email anda, GRATIS !! Cek email untuk konfirmasi :)

0 Response to "Cara Membuat Hotspot Dengan CMD Windows (WiFi)"

Post a Comment

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel