Cara Instalasi Debian 8 Di VirtualBox Lengkap Beserta Gambar

Pada kesempatan kali saya akan membagikan tutorial bagaimana cara instalasi debian 8 di virtualbox. Tutorial ini merupakan tutorial pertama saya tentang debian server.

Debian merupakan distro linux yang populer dan karena kehandalan yang dimilikinya, banyak yang menggunakna distro ini untuk dijadikan server termasuk saya sendiri.

Bahkan dalam dunia pendidikan pun menggunakan distro ini sebagai pembelajaran.

Debian server dapat diinstall di pc secara langsung ataupun secara virtual. Caranya sama saja, bedanya jika menggunakan virtual maka kita harus membuat virtual mechine terlebih dahulu.

Kali ini saya akan mencotohkan yang menggunakan virtualisasi yaitu dengan software virtualbox.

Debian yang saya gunakan versi 8.7.1 atau biasa disebut dengan debian jessie.

Instalasi Debian 8 Di VirtualBox

1. Start VM

Langkah pertama kita harus membuka Virtual Mechine (VM) yang sebelumnya sudah dibuat. Saat pertama kali VM dijalankan maka kan muncul popup untuk memasukan file instalasi debian. 

Debian sendiri memiliki 3 DVD, masing-masing DVD berisi file yang berbeda-beda. Untuk instalasi debian 8 divirtualbox ini silakan gunakan yang debian DVD 1.

Installasi Debian 8 File Iso
File Debian 8 DVD 1

2. Mulai Instalasi

Setelah klik mulai maka VM anda akan booting file debian dvd 1. Tunggu sampai proses selesai, sampai muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
Pilih mode installasi debian 8 di virtualbox

Pilih metode instalasi debian, pilih saja yang install karena akan lebih cepat.

3. Pilih Bahasa

Bahasa ini akan digunakan saat proses instalasi. Sebenarnya bahasa indonesia tersedia disini, tapi saya lebih sering bahasa iggris, lagian hanya digunakan untuk proses instalasi saja bukan sebagai bahasa dari debian nantinya.
Pilih bahasa installasi debian 8

4. Pilih Wilayah Negara

Untuk memilih Indonesia harus melakukan beberapa langkah, yaitu pilih Other->Asia->Indonesia. Karena saat pertamakali muncul pilihan negara, Negara Indonesia tidak ada dipilihan.
Pilih Wilayah Negara Indonesia

5. Locales & Keyboard

Pada pilihan locales dan keyboard silakan langsung enter saja, karena pilihan defaultnya sudah benar yaitu United States untuk locales, dan untuk keyboardnya American English

6. Hotsname & Domain

Hostname dan Domain silakan isikan saya sesuai keinginan anda, hostname yaitu nama dari pc. Cohtohnya disini nama hostname : wintekno, dan domainnya yaitu wintekno.com.

7. Seting User

Ada 2 tipe user yang harus kita buat, yang pertama yaitu user root sebagai administrator, dan user biasa. User root ini yang memiliki akses penuh, bisa dikatakan sebagai induk dari user, dan biasa digunakan untuk konfigurasi. 

User root dibuat otomatis oleh sistem, maka kita hanya perlu menginputkan passwordnya saja.
Mengisi Password Root

Kemudian user yang kedua yaitu user biasa. Ada tiga langkah  untuk membuat user ini. Yang pertama kita diminta untuk mengisikan nama, saya biasanya membuat nama  dengan menyertakan spasi. Misal : Wintekno Studio.

Langkah yang kedua yaitu mengisi username, saya menyamakan saja dengan nama, hanya saja dengan huruf kecil semua dan tanpa spasi. Misal : winteknostudio.

Langkah yang terakhir dalam membuat user yaitu mengisikan password. Password ini yang nantinya digunakan untuk login dengan username.

8. Konfigurasi Waktu

Karena saya berada dijawa tengah dan termasuk dalam WIB (Waktu Indonesia Barat) maka saya memilih yang atas sendiri.
Konfigurasi Zona Waktu Installasi Debian 8

9. Partisi Hardisk

Karena ini saya tunjukan utuk kalian yang beru pertamakali menginstall debian, atau belum paham dengan partisi linux maka saya gunakan saja yang guide.
Partisi Hardisk Linux Debian 8
 Pilih Enter-Enter sampai muncul tampilan write the canges to disk, kemudian pilh yes.

10. Pilih Paket

Pada saat memilih paket pastikan sesuaikan dengan kebutuhan. Karena disini akan saya gunakan sebagai server maka saya hanya memilih yang paling bawah sendiri. Debian akan berbasis CLI.

Namun jika ingin digunakan sebagai client, maka sebaiknya bilih juga desktop environment, sehigga debian nantinya akan berbasis GUI.
Packet Installasi Debian 8

11. Opsional

Pada pilihan Scan Disk, Use Network Mirror, Dan Partisipasi Survei saya pilih No Semua.

12. Install GRUB

Grub loader wajib diinstall, karena jika tidak diinstall bootloader, maka debian anda tidak dapat terbooting dengan sempurna. Pilih lokasi install bootloader sesuai yang disediakan saja, jangan membuat manual karena lebih rumit.

Pilih Lokasi Boot Loader

Proses instalasi sudah selesai, Debian otomatis akan reboot sendiri. Setelah reboot maka anda akan diminta untuk login. Silakan login menggunakan user root dan password yang sudah dibuat pada langkah diatas. Selamat proses instalasi debian 8 di virtualbox telah selesai. Semangat Konfig gaess !!

Jangan lewatkan postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke Email anda, GRATIS !! Cek email untuk konfirmasi :)

0 Response to "Cara Instalasi Debian 8 Di VirtualBox Lengkap Beserta Gambar"

Post a Comment

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel