Cara Konfigurasi DHCP Server Debian 8 VirtualBox

Cara Konfigurasi DHCP Server Di Debian 8 Jessie Lengkap - DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol  yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian IP Address dalam suatu jaringan.

Dengan menggunakan DHCP, client tidak perlu memberikan ip address secara manual karena ip address akan didapat dari DHCP Server. Selain ip address ada beberapa parameter lain yang didapat client yaitu Gateway dan DNS Server.

Langsung saja saya mulai tutorial untuk konfigurasi DHCP Server pada debian 8 jessie, sebelumnya silakan login ke Debian sebagai root atau superuser. Jika sudah install paket dhcp dengan cara mengetik.
apt-get install isc-dhcp-server
Bagi yang menggunakan virtualbox pastikan sudah scan dvd2, karena paket dhcp berada di dvd 2. 

Jika sudah terinstall maka waktunya untuk konfigurasi, konfigurasi dhcp server pada debian 8 cukup mudah karena hanya perlu mengedit 2 file saja yaitu file dhcpd.conf dan file isc-dhcp-server.

Pertama kita edit dulu file dhcpd.conf yang berada di direktori /etc/dhcp/.
nano /etc/dhcp/dhcpd.conf
Kemudian cari tulisan seperti gambar dibawah ini
konfigurasi dhcp server file dhcpd.conf
Hapus tanda pagar dan ubahlah ip address sesuai dengan ip address di jaringan anda. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dib awah ini.
konfigurasi file dhcpd sesuai jaringan
Jika sudah jangan lupa simpan kemudian lanjut konfigurasi file kedua yaitu file isc-dhcp-server yang berada di folder /etc/default/
nano /etc/default/isc-dhcp-server
Langsung saja menuju ke baris paling akhir, tuliskan interface yang digunakan untuk dhcp server. Disini saya contohkan menggunakan eth0.
konfigurasi interface dhcp server
Simpan file kemudian restart konfigurasi agar dapat langsung berjalan
service isc-dhcp-server restart
Waktunya cek hasil konfigurasi dhcp server, silakan atur dhcp client pada komputer client
Seting dhcp client
Kemudian cek hasil konfigurasi dengan cara melihat detail ip yang didapat komputer client.
Hasil dhcp dari sisi client
Pada gambar diatas, client berhasil mendapatkan ip dari dhcp server yaitu dengan ip 192.168.10.2. Sekarang coba ping dari client ke server dhcp
cek ping server dhcp dari client
Ping Reply !!! itu menujukan konfigurasi dhcp server telah berhasil, jika masih ada yang kurang paham silakan tanyakan saja di kolom komentar ataupun bisa menghubungi saya secara langsung. 

Jangan lewatkan postingan menarik lainnya dengan berlangganan artikel yang akan dikirim otomatis ke Email anda, GRATIS !! Cek email untuk konfirmasi :)

0 Response to "Cara Konfigurasi DHCP Server Debian 8 VirtualBox"

Post a Comment

Berkomenterlah Dengan Bijak Pada Kolom Komentar Yang Telah Disediakan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel